RSS

Apa Itu Theorema Phytagoras?

Dalam matematika, kita mengenal istilah Theorema Phyagoras. Apa itu Theorema Phytagoras? Theorema Phytagoras merupakan suatu keterkaitan dalam suatu geometri euklidean antara ketiga sisi dalam segitiga siku-siku. Teori ini menyatakan bahwa luas persegi dari sisi hipotenusa (sisi yang berlawanan dengan sudut siku-siku) sama dengan jumlah luas persegi dari dua sisi yang lain.

Jumlah area dua persegi di kaki-kaki (a dan b) sama dengan luas persegi di hipotenusa (c)

Teori ini biasa ditulis dengan persamaan a, b, dan c yang masing-masing menyatakan panjang sisi segitiga siku-siku. Persamaan tersebut dikenal dengan nama persamaan phytagoras. Jika c menyatakan panjang sisi miring (sisi hipotenusa) dan a, b menyatakan panjang kedua sisi lain, persamaan tersebut dapat ditulis sbb:

 
Dari persamaan tersebut, jika a dan b diketahui maka c dapat ditentukan dengan persamaan
Dan jika sisi miring c dan salah satu sisi kaki a, b diketahui maka sisi kaki yang lain dapat ditentukan dengan persamaan:
Persamaan phytagoras tersebut mengkaitkan korelasi sisi-sisi segitiga siku-siku dengan cara sederhana. Jika panjang dua sisi dari segitiga diketahui maka panjang sisi yang lain dapat ditentukan. Akibat logis yang lain yaitu, sisi miring segitiga siku-siku pasti lebih panjang dari kedua sisi yang lain, tetapi lebih pendek dari jumlah keduanya. (c > a dan b, tetapi c < a + b)

Selamat belajar,
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Tulisan dalam blog ini boleh ditulis ulang dengan tetap mencantumkan tautan ke blog ini. Diberdayakan oleh Blogger.